A. Visi
“Terwujudnya peserta didik berkebutuhan khusus yang beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, mandiri, serta memiliki kecakapan hidup”.
B. Misi
Untuk mewujudkan visi tersebut, SLB Darma Bakti Insani telah menentukan langkah-langkah strategis yang dituangkan dalam misi sebagai berikut :
- Membimbing dan mengarahkan peserta didik untuk melaksanakan ibadah sesuai perintah agama
- Menanamkan nilai-nilai keimanan dan budi pekerti yang luhur untuk membentuk pribadi yang berakhlak mulia dan sikap mental yang tangguh,
- Melaksanakan pembelajaran yang inovatif melalui pengembangan dimensi profil pelajar Pancasila
- Memupuk minat dan bakat peserta didik sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya;
- Mendorong dan melatih peserta didik melalui kegiatan keterampilan kecakapan hidup dan wawasan kewirausahaan;
- Membiasakan budaya peduli dan rasa empati terhadap lingkungan sekolah yang ramah, sehat dan tertib.
C. Tujuan
Tujuan akhir yang diharapkan oleh SLB Darma Bakti Insani dalam pelaksanaan program-program sekolah untuk mewujudkan misi sekolah ditetapkan dalam bentuk 3 bagian, yaitu tujuan jangka panjang, tujuan jangka menengah dan tujuan jangka pendek.
Tujuan jangka panjang
- Terwujudnya SLB Darma Bakti Insani sebagai pusat pengembangan diri peserta didik berkebutuhan khusus tingkat dasar dasar dan menengah.
- Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam bidang kemandirian dan kewirausahaan
- Menghasilkan peserta didik yang kompeten sesuai dengan bakat dan minatnya;
- Terwujudnya peserta didik yang mandiri, kolaboratif dan berdaya saing.
Tujuan jangka menengah
- Terwujudnya satuan pendidikan yang ramah terhadap pembelajaran berwawasan lingkungan.
- Mengarahkan peserta didik untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
- Peserta didik memiliki jiwa kewirausahaan melalui pembelajaran keterampilan yang sesuai bakat dan minatnya.
- Terwujudnya peserta didik yang berkarakter dan berprestasi.
Tujuan jangka pendek
- Terbentuknya akhlak dan perilaku yang mulia bagi peserta didik;
- Peserta didik terampil berkomunikasi.
- Berkembangnya bakat dan minat peserta didik dibidang olahraga, seni, dan keterampilan dan atau life skill.
- Peserta didik memiliki kecakapan hidup yang mandiri dan adaptif dalam menghadapi perkembangan teknologi dalam era globalisasi.